Ini Dia Alasan Mengapa Anak Dibawah Umur Dilarang Mengendarai Motor

Informasi Penting dari Moladin Blog Motor, Ini Dia Alasan Mengapa Anak Dibawah Umur Dilarang Mengendarai Motor – Setiap orang tua tentunya punya keputusan yang berbeda satu sama lainnya dalam menentukan kebijakan dalam hal pendidikan dan pengasuhan anak. Termasuk diantaranya adalah, memberikan kebebasan dalam menggunakan kendaraan bermotor. Tidak sedikit orang tua bangga melihat anaknya mampu mengendarai motor, padahal ia masih anak Sekolah Dasar atau Sekolah Menengah Pertama yang notabene memang belum memiliki izin mengemudi.

Sementara sebagian lainnya lagi, tidak memperbolehkan anak-anaknya mengendalikan kendaraan hingga usia mereka cukup dan telah memiliki Surat Izin Mengemudi atau SIM. Lantas pendapat manakah yang sebenarnya baik dan harus diikuti, berikut ini sedikit penjelasannnya.

Umur

Semua pihak pasti tahu betul, bahwa untuk membuat SIM maka yang bersangkutan harus berusia minimal 17 tahun dan telah memiliki KTP. Kenapa SIM harus dibuat pada usia tersebut, menurut blog motor Moladin, karena secara psikologis, pada usia tersebut anak-anak sudah lebih matang dan siap dengan segala risiko yang harus mereka ambil. Pengendalian emosi dan konsentrasinya juga sudah cenderung stabil. Di mana kondisi tersebut sangat dibutuhkan ketika berada di jalanan.

Sementara pada anak dibawah umur mengapa dilarang mengendarai motor, selain karena beberapa alasan yang telah disebut di atas, juga karena secara fisik anak-anak sebenarnya belum cukup kuat untuk menahan beban terutama ketika motor harus berhenti. Belum lagi kaki mereka yang biasa belum cukup jenjang hanya akan menimbulkan kesulitan dan masalah yang tentunya akan membahayakan keselamatannya.

Hukum

Berkaitan dengan hukum, maka ini adalah alasan lainnya mengapa anak dilarang mengendarai motor. Moladin sebagai blog motor mengetahui bahwa terdapat pasal-pasal yang menyebutkan bahwa pengemudi kendaraan yang tidak memiliki SIM bisa dijerat dengan pidana kurungan penjara, maksimal 4 tahun atau denda 1 juta rupiah. Begitu juga bila terjadi kecelakaan yang melibatkan pengendara yang tidak memiliki SIM, kemudian menimbulkan korban jiwa. Maka yang bersangkutan akan dikenai pidana, kurungan penjara sekurang-kurangnya 6 bulan hingga maksimal 6 tahun. Atau membayar denda yang besarnya berkisar dari 1 juta hingga 12 juta rupiah.

Belum lagi, jika sesuatu terjadi, seperti kecelakaan misalnya, maka Anda tidak bisa melakukan klaim karena memang sebenarnya Anda sendiri yang telah melanggar ketentuan, di mana membiarkan anak mengendarai motor.

Dari beberapa alasan tersebut di atas, sebetulnya terlihat jelas bahwa memang seharusnya Anda tidak perlu memberikan anak izin untuk mengemudikan kendaraan, baik itu roda dua maupun roda empat. Karena bagaimanapun juga, kelak yang akan dibuat sulit adalah Anda sendiri sebagai orang tua yang membuat keputusan.

Itu dia informasi penting dari blog motor Moladin mengenai  alasan mengapa anak dibawah umur sebaiknya dilarang mengendarai motor. Jangan merasa bangga atau takjub begitu melihat anak-anak di bawah umur mahir mengendarai kendaraan bermotor, karena nyatanya terlalu banyak risiko yang harus diambil baik untuk orang tua maupun anak itu sendiri. Tunggu hingga anak benar-benar cukup umur, baru ajarkan mereka keterampilan ini.

Categories: Uncategorized

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>